Cara Agar Hp Luar Negeri Bisa Dipakai Di Indonesia –  Apakah anda ingin membeli hp di luar negeri? Sebelum membelinya, perhatikan hal-hal berikut ini agar tidak menyesal.

Banyak sekali orang yang bingung dan bertanya apakah hp dari luar negeri bisa digunakan di Indonesia atau tidak.

Karena sering kali ketika ke luar negeri atau melihat toko online luar negeri, kita tergiur dengan harga nya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di Indonesia tapi Bisa Ga Ya Dipakai di Indonesia ?

Namun sebelum membelinya dengan harga murah, pasti hal yang terfikirkan oleh kita pertama kali adalah apakah hp tersebut bisa berfungsi secara optimal jika digunakan di negara yang berbeda dari negara asalnya.

Cara Agar Hp Luar Negeri Bisa Dipakai Di Indonesia :

  • Cek Jaringan HP Tersebut Ada di Frequensi Berapa :

Agar tidak menyesal setelah membeli, ada baik nya anda mencoba untuk mengecek terlebih dahulu jaringan hp tersebut ada di frequensi berapa. Karena setiap provider yang ada di Indonesia memiliki frequensinya masing-masing.

Mari kita ambil contoh salah satu provider terkenal di Indonesia, yaitu Telkomsel. Pada jaringan 3G Telkomsel berada di frekuensi 900 MHz.Sedangkan untuk jaringan 4G LTE Telkomsel berada di frekuensi 900 MHz dan 1.800 MHz.

SUMBER : HTTPS://WWW.ASUS.COM/ZENTALK/ID/THREAD-106726-1-1.HTML

Jadi, jika anda nantinya akan menggunakan provider Telkomsel, maka pastikan terlebih dahulu hp tersebut mendukung frekuensi 900 MHz / 1.800 MHz. Karena jika tidak, anda tidak akan bisa menggunakan hp tersebut menggunakan provider di Indonesia.

Tentunya hal ini akan merepotkan anda jika harus bergantung pada Wifi setiap kali ingin mengakses browser dan sosial media.

Efek samping lain nya adalah anda tidak memiliki nomor ponsel untuk dihubungi, walaupun zaman sekarang bisa melakukan panggilan lewat whatsapp dengan mengandalkan wiFi saja.

  • Pilihan Bahasa Yang Tersedia Pada Handphone Tersebut :

Hal lain yang harus anda perhatikan selain frekuensi sinyalnya adalah pilihan bahasa yang tersedia pada hp tersebut.

Umumnya disetiap hp terdapat bahasa Inggris, jadi jika anda sudah terbiasa menggunakan settingan bahasa Inggris di hp anda sebelumnya, tentu hal ini bukan suatu masalah.

Namun, jika anda belum terbiasa menggunakan settingan bahasa Inggris atau tidak bisa bahasa Inggris, maka hal ini harus anda pertimbangkan lagi sebelum membelinya.

Selain frekuensi sinyal dan bahasa, hal yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah garansi nya.

Tentunya, setiap membeli handphone baru kita akan mendapat garansi. Pastikan terlebih dahulu garansinya adalah garansi internasional dan merek hp tersebut ada kantor cabang layanannya di Indonesia.

Namun, jika membeli smartphone diluar negeri yang mereknya belum ada di pasaran Indonesia, rasanya sama saja seperti membeli hp tanpa memiliki garansi.

Karena jika terjadi kendala atau kerusakan, anda harus kembali ke Negara asal saat membelinya yang pastinya akan menguras lebih banyak biaya.

Apakah Hp Luar Negeri Bisa Dipakai Di Indonesia
Apakah Hp Luar Negeri Bisa Dipakai Di Indonesia

Kesimpulan Apakah Hp Luar Negeri Bisa Dipakai Di Indonesia adalah Bisa Asalkan:

• frequensi sinyal hpnya sesuai dengan sinyal provider yang ada di Indonesia,
• anda tidak masalah dengan settingan bahasa Inggris di hp tersebut,
• merek hp yang anda beli ada dijual dipasaran Indonesia agar kartu garansi bisa digunakan.

Sekian artikel mengenai Cara Agar Hp Luar Negeri Bisa Dipakai Di Indonesia dan beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli hp dari luar negeri.

Semoga bisa membantu menjawab rasa penasaran anda mengenai apakah hp dari luar negeri bisa dipakai di Indonesia atau tidak. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here