cara cek shutter count canon terbaru
credit: Thomas AE

Cara Cek Shutter Count Canon Termudah – Mau beli kamera Canon bekas? Jangan lupa cek shutter count Canon agar tidak menyesal!

Sebelum kita membahas cara cek shutter count Canon, maka saya akan membahas secara ringkas apa itu shutter count, mengapa kita harus mengecek shutter count serta berapa batas shutter count pada Canon, dan lain lain.

 

Apa itu Shutter Count?

Shutter count adalah keterangan jumlah seberapa banyak sebuah kamera telah menjepret gambar atau foto.

Sama seperti sepeda motor atau mobil yang memiliki alat penghitung kilometer, dimana semakin sering kendaraan tersebut dipakai maka jumlah kilometernya akan semakin banyak nilainya.

Shutter count dan penghitung kilometer pada kendaraan ini bisa menjadi alat deteksi untuk mengetahui apakah barang tersebut sudah lama dan sering dipakai atau masih baru dan jarang dipakai. Sehingga jika kamu ingin membeli barang tersebut dalam keadaan bekas, kamu tidak bisa ditipu dengan klaim barang tersebut masih berusia bulanan jika angka shutter count/kilometernya sudah sangat banyak.

Namun, belum semua kamera DSLR atau mirrorless bisa dicek jumlah shutter count nya. Alias hanya kamera jenis tertentu (umumnya kamera keluaran lama) saja yang bisa di cek shutter count nya.

 

Cara Cek Shutter Count
credit: Alexandru G.

 

Mengapa Mengecek Shutter Count itu Penting?

Lalu mengapa mengecek shutter count ini tergolong penting sebelum membeli kamera second atau bekas? Jawabannya karena jika suatu kamera sudah memiliki shutter count yang cukup banyak,  maka kamera tersebut tidak akan berfungsi lagi karena sensor kamera nya telah mencapai batas maksimum.

Untuk kalian yang belum tahu, kamera DSLR umurnya ditentukan oleh shutter count. Jadi DSLR tidak bisa digunakan seumur hidup atau puluhan tahun, karena jika shutter count udah penuh kamera sudah tidak berfungsi lagi.

 

Bagaimana Cara Cek Shutter Count?

Untuk mengetahui jumlah shutter count melalui aplikasi atau software kamu bisa menggunakan aplikasi Canon EOS digital info dengan link download: https://sourceforge.net/projects/canon-eos-digital-info/ atau kamu bisa juga menggunakan aplikasi exif viewer ataupun opanda exif viewer.

Sedangkan jika kamu pengguna iMac, kamu bisa menggunakan Free Shutter Count. Free shutter count ini bisa digunakan untuk Canon EOS, Nikon, dan Sony.

Caranya:

  • Silahkan mengunduh aplikasi tersebut sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan,
  • Lalu pada tampilan utama biasanya kamu akan diminta untuk mengupload gambar terakhir yang ada di kamera mu,
  • Tunggu hingga nanti akan muncul spesifikasi lengkap kamera yang kamu miliki beserta jumlah shutter count kamera kamu.

 

Nah, jadi itulah penjelasan tentang apa itu shutter count, mengapa mengecek shutter count itu penting, dan cara mengecek shutter count untuk windows dan mac user. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa baca juga Cara Cek Saldo Prudential Lewat HP Terbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here