Cara Cek Partisi Hard Disk GPT atau MBR

Cara Cek Jenis Partisi Hard Disk GPT atau MBR –  sebelum melakukan proses instalasi sistem operasi komputer/laptop, cek dulu jenis hard disk agar tidak gagal instal ulang!

Cara Cek Partisi Hard Disk GPT atau MBR
Cara Cek Partisi Hard Disk GPT atau MBR

Sebelum membahas cara cek jenis partisi hard disk GPT atau MBR, ada baiknya saya menjelaskan terlebih dahulu apa itu hardisk dan partisi hardisk, manfaat partisi hardisk, dan di akhir artikel akan saya bahas apa perbedaan GPT dibandingkan MBR. Agar yang masih awam bisa memahami materinya dengan lebih mudah.

 

Apa itu Hard Disk dan Partisi Hard Disk?

Hardisk adalah sebuah hardware yang berguna sebagai sarana penyimpanan untuk melaksanakan perintah pada perangkat yang kita gunakan, baik itu komputer maupun laptop.

Dalam penggunaan hardisk umumnya kita membaginya menjadi beberapa bagian, nah bagian-bagian yang terpecah ini lah yang disebut sebagai partisi hardisk.

 

Manfaat Partisi Hard Disk

Mengapa orang sering melakukan partisi pada hardisk?

  • Agar lebih mudah memanagement file sesuai kategorinya, misalnya partisi D khusus menyimpan koleksi film yang disuka, partisi E khusus menyimpan file software yang diperlukan, dan lain sebagainya.
  • Memperlancar akses ke hardisk. Jika menggunakan hardisk yang berukuran besar, tentu pembacaan file akan menjadi lebih lama. Jadi agar efisien dan bisa mudah diproses, lebih baik dibagi menjadi beberapa bagian agar mempersingkat waktu pembacaan file.
  • Lebih mudah dalam mengingat dan mencari file saat dibutuhkan.

Jika kalian tipe orang yang mudah lupa, males ngerename file sesuai isinya dan malas membongkar seluruh isi komputer demi mencari satu file yang dibutuhkan, partisi hardisk ini akan sangat membantu, lho!

 

Cara Cek Partisi Hard Disk GPT atau MBR

Klik logo windows di kiri bawah

Pilih “Computer”

Lalu klik kanan lagi pada bacaan “Computer” atau “This PC”

Lalu klik “Manage”

cara cek hardisk gpt atau mbr

Pilih “Disk Management”

Klik kanan pada Disk 0.

cara cek hardisk gpt atau mbr

Lalu lihat bacaan yang muncul adalah convert to MBR disk atau convert to GPT disk. Jika bacaan yang muncul adalah convert to MBR disk, berarti anda menggunakan partisi GPT.

cara cek partisi hardisk gpt atau mbr

Begitu pula sebaliknya, jika bacaan yang muncul adalah convert to GPT disk, berarti anda menggunakan partisi MBR.

 

 

Perbedaan GPT dengan MBR

GUID Partition Table (GPT)

Master Boot Record (MBR)

Bisa membagi menjadi 128 bagian partisi primaryHanya bisa membagi menjadi 4 bagian partisi primary
Menampung kapasitas 9,4 ZB atau setara dengan 9400 TBHanya menampung kapasitas 2,2 TB
Hanya dapat digunakan pada OS Windows XP 64 bit dan windows yang kompatibelDapat digunakan di semua OS
Informasi partisi dan OS di backup berulang kali, sehingga saat sektor utama rusak, masih dapat bekerja dengan baik dan meminimalisir kehilangan data.Informasi partisi dan OS hanya di backup di sektor utama saja, sehingga jika MBR disk mengalami corrupt, kemungkinan besar akan kehilangan data.

 

 

Sekian penjelasan saya mengenai apa itu hard disk dan partisi hard disk, manfaat partisi hard disk, cara cek jenis partisi hard disk GPT atau MBR serta apa saja perbedaan GPT dibandingkan MBR. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa baca juga Cara Download Aplikasi Google Play Store Di Laptop atau PC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here